Halaman

Selasa, 14 Juni 2011

Pertahanan terhadap ilmu hitam

ILMU HITAM

Definisi -- Ilmu hitam adalah Cabang sihir yang berbeda dari yang lainnya. Karena ilmu hitam mempunyai komponen-komponen tertentu seperti mantra, benda, dan makhluk yang kebanyakan termasuk jenis yang berbahaya. Meskipun begitu, ilmu hitam sering dikaitkan oleh kejahatan, tetapi mempunyai keuntungan dan kerugian. Salah satunya ilmu hitam dapat dijadikan sebagai perlindungan dari lawan meskipun tingkat perlindungannya termasuk ilegal dan tidak dapat ditolerir.

Bagian-bagian Ilmu Hitam
1. BENDA ILMU HITAM
Ilmu hitam mempunyai benda-benda yang biasanya dimantrai dengan kutukan, atau benda-benda yang dapat membantu seorang penyihir berbuat kejahatan. Benda ini biasanya langka, terlarang dan banyak ditemukan di Knocturn Alley.
Contoh : Lilin Beracun, Kalung Kutukan, Tangan Kemuliaan

2. Ramuan Ilmu Hitam
Ramuan ini biasanya cukup rumit dalam pembuatannya, dan bahan-bahan yang diperlukan biasanya dari bahan-bahan langka. Namun tak sedikit ramuan dalam ilmu hitam yang dibuat secara mudah.
Contoh : Ramuan Polijus (Pengubah bentuk), Ramuan Cinta (Membuat orang jatuh cinta pada pembuatnya).

3. Makhluk-makhluk Ilmu Hitam
Makhluk-makhluk Ilmu hitam biasanya makhluk kuno yang jarang terlihat. Mereka memiliki pertahanan dan daya serang yang sangat berbahaya bagi penyihir. Makhluk ilmu hitam biasanya muncul sebagi pertanda buruk, seperti kematian, bencana, dan memunculkan rasa takut yang melumpuhkan bagi makhluk yang terkena efeknya. Meskipun demikian, banyak makhluk yang sudah cukup jinak dibawah pengawasan makhluk lain.
Contoh :
- Banshee : Merupakan seorang wanita yang mempunyai kulit pucat dan rambut panjang hingga ke lantai. Dalam beberapa cerita diantara para muggle. Banshee bisa muncul di rumah seseorang bila di tempat tersebut ada anggota keluarga yang akan mati. Banshee diibaratkan sebagai wanita pembawa kematian bahkan merupakan seorang pembawa pesan dari dunia lain.


- Boggart : Makhluk ini bisa berubah-ubah bentuk. Ia akan berubah bentuk menjadi makhluk yang paling ditakuti oleh kita. Makhluk ini paling suka ditempat yang gelap seperti di dalam lemari pakaian. Untuk mengusirnya bisa menggunakan mantra Riddikulus.


- Dementor : Makhluk penjaga penjara Azkaban. Panjangnya sekitar 2 sampai 3 meter, dan memakai kerudung hitam. Dementor sering kali memberi sebuah kecupan. Yang berarti kecupan tersebut bisa mengambil jiwa atau semua  kesenangan yang ada pada orang tersebut. Seperti yang telah diketahui bahwa demetor bisa menyebabkan kesedihan dan hilangnya semua kegembiraan. Oleh karena itu untuk menghadapinya kita haruslah mempunyai kebahagiaan yang cukup kumudian di gabungkan dengan mantra Patronouns.

- Gryndillow : Makhluk air berwarna hijau pucat dan mempunyai kuku yang bisa mencekram kuat, namun mudah rapuh. Di Hogwarts sendiri makhluk ini terdapat di danau. Namun makhluk tersebut telah dilatih oleh para duyung sehingga para siswa tidak perlu khawatir. Hanya saja diluar sana makhluk ini sangat agresif dan berbahaya bagi para penyihir maupun para muggle.


- Kappa : Makhluk air ini sering tampak seperti seorang anak, meskipun tubuh mereka lebih menyerupai monyet atau kodok daripada manusia. Kappa menempati kolam-kolam dan sungai–sungai Jepang. Kappa adalah pembuat masalah yang nakal. Ejekan mereka mulai dari yang secara relative tidak berbahaya, seperti kentut dengan keras atau memperhatikan kimono perempuan, hingga yang lebih berbahaya, seperti mencuri tanaman, menculik anak-anak, atau memperkosa perempuan. Faktanya, anak-anak kecil adalah salah satu makanan favorit kappa yang rakus, meski mereka juga akan memakan yang dewasa juga.

- Vampire : Makhluk yang perawakannya mirip manusia tetapi mempunyai taring yang panjang. Menyukai darah manusia dan sering meminumnya lewat leher mereka. Beberapa cerita muggle tentang Vampire banyak sekali terdengar di sekitar Balkan dan Eropa utara. Makhluk ini tidak tahan pada sinar matahari dan juga bawang putih. Vampire juga tidak terlihat tubuhnya dari cermin.

- Werewolf
: Merupakan manusia yang bila pada malam bulan purnama akan berubah menjadi srigala yang buas. Saat berubah ia akan hilang akal sehatnya sehingga yang ada hanyalah keinginannya untuk mencari mangsa. Penyihir atau muggle yang terkena gigitannya akan langsung menjadi seorang werewolf.

- Red caps : Mereka sering mendiami di bekas reruntuhan kastil yang terletak diantara  Inggris dan Skotlandia. Red caps sering dikatakan pembunuh yang berpindah-pindah karena ia mendatangi rumah tempat mangsanya. Mereka mudah dilumpukan dengan mantra bagi para penyihir. Hanya saja sangat berbahaya bagi para muggle.

4. Mantra Ilmu Hitam

Mantra-mantra ini biasanya dipelajari oleh penyihir-penyihir jahat dan mempunyai efek tidak menyenangkan, bahkan mengalami kematian. Mantra-mantra ini terlarang untuk digunakan di dunia sihir. Hanya mereka yang berminat mempelajari ilmu hitam yang mendalami mantra-mantra ini untuk melancarkan kutukan.
Contoh :
- Kutukan imperius : Kutukan ini bisa mengontorl orang lain. Dan orang tersebut tidak sadar terkena kutukan ini.
Mantranya adalah imperio.

- Kutukan cruciatus : Kutukan yang bisa menyakiti orang lain. Mantranya adalah Crucio.

- Kutukan avada kedavra : Kutukan ini bisa membunuh orang seketika tanpa bekas luka apapun. Mantranya adalah Avada Kedavra.

5. Tokoh Ilmu Hitam
Gellert Grindelwald, Kau-Tahu-Siapa (kita tak menyebut namanya karena Kau-Tahu-Kenapa , Pelahap Maut (pengikut Kau-Tahu-Siapa)
SEJARAH SEKOLAH SIHIR HOGWARTS : PENDIRI HOGWARTS DAN MANTRA YANG MELINDUNGINYA

Hogwarts Logo


I. PENDAHULUAN
Seperti halnya semua penyihir hebat, mereka mencapai kemahsyuran dan kepandaian sihirnya melalui sekolah pada masa remajanya. Sekolah Sihir adalah sekolah dimana para penyihir cilik dapat belajar menggunakan sihir dengan benar dan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Hogwarts adalah salah satu sekolah sihir terbaik dunia yang berada di Inggris, tepatnya di Skotlandia yang berfungsi melatih anak-anak yang berumur mulai 11 hingga 18 tahun yang memiliki kemampuan sihir untuk menjadi para penyihir yang berkualitas. Hogwarts didirikan sekitar abad millenium yaitu sekitar tahun 1000M oleh empat penyihir hebat bernama Godric Griffindor, Salazar Slytherin, Rowena Ravenclaw, dan Helga Hufflepuff. Nama-nama mereka kemudian dijadikan sebagai nama asrama murid-murid Hogwarts yang memiliki kepribadian yang sesuai dengan keempat pendiri tersebut. Hogwarts memiliki semboyan "draco dormiens nunquam titillandus" yang berarti "jangan membangunkan naga tidur".
II. PENDIRI HOGWARTS
1. Godric Gryffindor

Godric Gryffindor adalah pendiri asrama Gryffindor dimana ia bersama 3 rekannya yang lain  mendirikan sekolah sihir Hogwarts Peninggalan Gryffindor adalah pedang berhiaskan rubi yang dibuat oleh goblin dan topi seleksi Kedua benda ini memiliki keunikan tersendiri, dimana bila seseorang yang bersifat seperti Gryffindor memerlukannya, pedang akan keluar dari topi. Godric Gryffindor lahir di suatu desa yang sepi di pedalaman Inggris yang penuh dengan komunitas penyihir bernama ”Godric’s Hollow” (nama desa yang diabadikan dengan namanya). Gryffindor dikatakan memiliki keberanian yang terpuji, kebulatan tekad dan kekuatan hati di atas semua kualitas. Oleh karena itu, ia memilih siswa untuk asramanya berdasarkan dari keberaniannya. Ia juga mendukung agar Hogwarts menerima penyihir kelahiran Muggle. Nama Godric merupakan bentuk dari Anglo-Saxon, dan memiliki beberapa arti, seperti, "Ia yang berkuasa dengan Tuhan" atau "Ia yang berkuasa dengan baik. Gryffindor dan asramanya ditandakan dengan seekor Singa Emas dengan latar belakang merah. Pada awalnya ia merupakan sahabat baik Salazar Slytherin, tetapi persahabatan itu terputus, walaupun belum pernah dinyatakan, tetapi bisa jadi perbedaan pandangan terhadap penyihir kelahiran Muggle yang menjadi alasan mereka berpisah. Saat ini Kepala Asrama Gryffindor adalah Profesor Mac.Gonagall yang mengajar Transfigurasi.


2. Helga Hufflepuff
                                Helga Hufflepuff                                 Helga Hufflepuff adalah pendiri asrama Hufflepuff. Harta peninggalannya adalah gelas piala dari emas yang memiliki kekuatan. Helga Hufflepuff, menilai kerja keras, kesetiaan, toleransi dan keadilan di atas semuanya. Binatang identitas asrama adalah badger dan kenari dengan kuning dan hitam sebagai warna kebanggannya. The Fat Friar adalah hantu penjaga asrama. Hufflepuff berkesuaian dengan elemen tanah, dimana asrama tempat tinggal mereka berlokasi di suatu tempat di ruangan bawah tanah, pintu masuknya dapat ditemukan melalui lukisan yang berada di sekitar dapur. Sandi harus diberikan ketika akan masuk. Ruang bersama Hufflepuff dipenuhi warna kuning dan kursi malas dan memiliki terowongan bawah tanah yang tembus ke asrama, dimana semuanya memiliki pintu lingkarang sempurna, seperti ujung tong. Kepala asrama saat ini adalah Professor Pomona Sprout yang mengajar Herbologi.




3. Rowena Ravenclaw
Rowena Ravenclaw
Rowena Ravenclaw menilai kecerdasan, kreativitas, akal dan kebijaksanaan. "Wit beyond measure is man's greatest treasure" adalah kutipan yang sering diulang oleh Ravenclaw. Harta peninggalannya adalah mahkota. Diyakini dengan mahkota itu kebijaksanaan dan kepintaran digunakan secara maksimal. Binatang identitasnya adalah elang, dan menggunakan warna biru dan perunggu. Hantu asrama adalah Grey lady, yang dicurigai sebagai Helena Ravenclaw, putri dari pendiri Hogwarts, Rowena Ravenclaw. Ravenclaw berhubungan dengan elemen udara. Ruang bersama dan asrama Ravenclaw berada di Menara Ravenclaw di bagian barat sekolah. Ruang bersama berbentuk lingkaran, seperti halnya Gryffindor, dan memiliki langit-langit kubah yang dilukiskan bintang-bintang. Juga terdapat terdapat patung dada dari Rowena Ravenclaw memakai mahkotanya. Untuk masuk ke dalam ruang bersama Ravenclaw, teka-teki logis harus diselesaikan. Hal ini sangat kontras dengan Ruang bersama Gryffindor, Hufflepuff dan Slytherin, yang menggunakan sandi untuk masuk. Kepala asrama saat ini adalah Filius Flitwick yang mengajar Mantra.



4. Salazar Slytherin
Salazar Slytherin
Salazar Slytherindijelaskan sebagai "haus kekuasaan" oleh Topi Seleksi, dan datang dari "tanah rawa". Tanah Rawa di bagian timur Inggris adalah kawasan lahan gambut di sekitar Norfolk, Lincolnshire, Cambridgeshire dan wilayah sekitarnya. Slytherin merupakan seorang Parselmouth, (ahli sihir yang mampu berbicara dengan ular) pertama yang dicatat, Legilimens yang ulung, dan terkenal karena kekuasaan darah murni. Asramanya di Hogwarts sering digambarkan dengan ular dengan warna hijau dan perak. Harta peninggalannya adalah kalung dengan liontin emas berlogo huruf “S”. Seperti Ravenclaw dan Gryffindor, Slytherin memilih dengan hati-hati pelajar yang akan memasuki asramanya. Mutu pelajar yang disukainya adalah kepintaran, kesungguhan tekad dan keberanian untuk tidak terlalu mengindahkan peraturan, termasuk kemampuan berbicara parseltongue. Dia juga memilih pelajar yang licik, bercita-cita tinggi dan berdarah murni. Slytherin menggunakan darah murni sebagai kunci pemilihan murid dari awal berdirinya Hogwarts. Dia menginginkan pengajaran sihir hanya untuk keluarga sihir saja. Dia percaya bahwa kelahiran Muggle tidak boleh dipercayai dan dia tidak mau mengajar murid dari kalangan Muggle. Kepala Asrama Slytherin saat ini adalah profesor Horace Slughorn yang mengajar Ramuan.



III. MANTRA PELINDUNG
Pada masa itu, komunitas Penyihir dan Komunitas Muggle berseteru. Banyak korban dari dua belah pihak, baik itu Penyihir atau pun Muggle. Sekolah itu didirikan jauh dari para Muggle karena ketika itu manusia biasa takut akan penyihir, dan menyiksa mereka. Bahkan banyak diantara para Muggle yang mencoba menyingkirkan penyihir dengan cara pembakaran. Hogwarts juga dilindungi dengan banyak sihir oleh setiap kepala sekolah yang sedang menjabat untuk melindungi baik dari komunitas muggle maupun komunitas penyihir. Untuk menyembunyikan keberadaan Hogwarts dari komunitas Muggle, bangunan Hogwarts diperlihatkan sebagai rumah tua yang tidak berpenghuni. Terhadap penyihir, Hogwarts dilindungi dari penyihir-yang-tidak-diundang. Bahkan penyihir terbaik pun tidak bisa mempergunakan ilmu "apparate" dan "disapparate" untuk datang ke dan pergi dari Hogwarts. Beberapa mantra yang digunakan kemungkinan besar adalah mantra Fidelius, mantra anti tak terlihat, dan mantra-mantra rumit lain yang hanya dapat dikuasai oleh Penyihir yang sudah ahli dan berpengalaman. Mantra sihir tingkat tinggi ini bukan hanya melindungi penyihir dari para Muggle dan penyihir yang tak diinginkan, namun juga melindungi Hogwarts dari kejadian-kejadian buruk, binatang nyasar, bencana alam, dan mantra-mantra tak terdeteksi dari penyihir lain.

IV. PENUTUP
Hogwarts adalah sekolah sihir hebat dengan sejarah hebat. Sekolah ini menghasilkan penyihir-penyihir besar seperti Kepala Sekolah kita sendiri, Profesor Albus Dumbledore. Ratusan anak dari seluruh penjuru dunia dengan berbagai suku bangsa, warna kulit, dan perbedaan lainnya, setiap tahun berkumpul menjadi satu di Hogwarts untuk belajar bersama. Sekolah ini dimaksudkan agara para penyihir muda dapat membaur dengan semua golongan, baik itu Muggle atau penyihir, untuk mencapai kedamaian dunia. Sihir diajarkan untuk digunakan dengan baik, tidak mencedarai dan agar timbul rasa saling menghargai dan menghormati baik itu sesama penyihir, entah itu darah murni, campuran, kelahiran Muggle atau Mugle pada umumnya.
I. PENDAHULUAN

Definisi : Kementrian sihir adalah sebuah lembaga atau kantor tempat mengurus pekerjaan menteri sihir. Hal-hal yang termasuk dalam pekerjaan Menteri sihir meliputi pengaturan terhadap segala hal yang berhubungan dengan dunia sihir, termasuk hubungan dengan penyihir di luar teritori dan komunitas diluar penyihir. Kementrian Sihir Inggris mengatur segala urusan tentang sihir di teritori Britania Raya, meliputi England, Wales, Skotlandia, Irlandia Utara.

Kementrian Sihir Inggris terletak di jantung kota London. Bangunan sebenarnya terletak di bawah tanah, namun sebuah jendela sihir menunjukkan keadaan cuaca yang telah diatur oleh Pusat Pengendali Cuaca Sihir untuk hari itu, mulai dari cuaca cerah hingga badai.

Untuk memasuki bangunan Kementrian Sihir, seorang pengunjung harus memasuki sebuah kotak telepon rusak berwarna merah yang terletak di sebuah jalanan kotor dengan beberapa kantor usang, sebuah pub, dan sebuah dinding penuh coret-coretan. Kemudian, ketika pengunjung tersebut menekan tombol di telepon (62442, M-A-G-I-C), akan terdengar ucapan selamat datang dari seorang Penyihir, bukan dari telepon melainkan dari 'udara', seakan-akan sang resepsionis berada tepat di depan sang pengunjung. Pengunjung harus menyebutkan keperluan mereka, dan kemudian sebuah lencana perak akan muncul dengan nama dan tujuan pengunjung tersebut. Kotak telepon rusak tersebut kemudian akan turun seperti lift selama kira-kira satu menit, dan pengunjung pun akan tiba di Atrium. Kementrian Sihir juga dapat dicapai dengan bubuk Floo, dan pengunjung akan tiba melalui perapian di sebelah kiri Atrium.

II. URAIAN

Berikut akan dipaparkan penjelasan lebih lanjut tentang Kementrian Sihir

A. Lantai Satu - Menteri Sihir dan Staff Pendukung
1. Kantor Menteri Sihir
Calon Menteri sihir adalah Milicent Balgnod. Tugas-tugasnya adalah sebagai penanggung jawab dan pengambil keputusan tertinggi terhadap kebijakan dan peraturan yang ditetapkan oleh Kementrian Sihir. Termasuk di dalamnya adalah penetapan Undang-Undang, Kebijakan Internasional dan Dalam Negeri, serta wakil dari komunitas penyihir Inggris di dunia Internasional.
2. Kantor Penasihat Menteri Sihir
3. Kantor Sekretaris Senior di bawah Menteri Sihir
4. Kantor Asisten Junior Menteri Sihir



B. Lantai Dua - Departemen Pelaksanaan Hukum Sihir
Departemen ini dipimpin oleh Amelia Bones dan terdiri dari beberapa sub bagian yang berkoodinasi dalam melaksanakan penegakan hukum sihir. Departemen ini terdiri dari :
1. Kantor Auror ,
2. Kantor Penyalahgunaan Barang-barang Sihir
3. Pelayanan Administrasi Wizengamot
4. Kantor Penggunaan Sihir Tidak Pada Tempatnya
Pegawai-pegawainya antara lain : Rufus Scrimgeour, Perkins, Arthur Weasley, Mafalda Hopkirk


C. Lantai Tiga - Departemen Bencana dan Kecelakaan Sihir
Departemen ini berfungsi untuk menanggulangi bencana-bencana yang dapat terjadi di dunia sihir, baik yang terjadi di komunitas sihir dan non penyihir. Meliputi akibat kesalahan pengucapan mantra, salah sasaran, kontraindikasi baik pada subjek dan objek perapal, dan lain sebagainya. Bagian-bagiannya antara lain :
1. Tim Pembalikan Kecelakaan Sihir
2. Kantor Pusat Obliviator
3. Komite Pengijinan Kelayakan Muggle
Pegawai nya antara lain : Arnold Peasegood (obliviator)


D. Lantai Empat - Departemen Regulasi dan Kontrol Makhluk Gaib
Departemen ini mempunyai beberapa divisi yang mengatur regulasi tentang instrumen yang berkaitan dengan dunia sihir. Seperti Hewan sihir, monster, Goblin, Centaurus. Bagian-bagiannya antara lain :
1. Divisi Monster
2. Divisi Makhluk
3. Divisi Hantu
4. Kantor Kerjasama Goblin
5. Kantor Kerjasama Centaur
6. Tim Penasihat Hama
7. Kantor Kesalahan Informasi
Pegawainya antara lain : Newt Scamander, Dirk Cresswell, Cuthbert Mockridge, Amos Diggory, Walden Macnair.


E. Lantai Lima - Departemen Hubungan Sihir Internasional
Mengatur tentang hubungan kerjasama sihir Internasional meliputi bidang politik, ekonomi, serta ketahanan dan keamanan. Departemen ini dikepalai oleh . Bagian dari departemen ini yaitu :
1. Badan Standar Perdagangan Sihir Internasional
2. Kantor Hukum Sihir Internasional
3. Konfederasi Penyihir Internasional, Bagian Inggris


F. Lantai Enam - Departemen Transportasi Sihir
Departemen ini mengatur tentang segala macam yang berhubungan dengan transportasi sihir, baik itu hal – hal yang berkaitan tentang regulasi dan aplikasi. Meliputi :
1. Autoritas Jaringan Floo
2. Kontrol Regulasi Sapu Terbang
3. Kantor Portkey
4. Pusat Tes Apparation
Pegawainya antara lain : Madam Edgecombe Wilkie Twycross


G. Lantai Tujuh - Departemen Olahraga dan Permainan Sihir
Departemen tempat urusan olahraga dan permainan sihir baik domestik ataupun internasional. Sekaligus sebagai penyelenggara jika ada event olahraga dan permainan sihir.Antara lain :
1. Kantor Pusat Liga Quidditch Inggris dan Irlandia
2. Klub Resmi Gobstones
3. Kantor Paten yang Menggelikan
Pegawainya antara lain : Ludo Bagman, Bertha Jorkins

H. Lantai Delapan - Atrium
Lantai delapan atau atrium adalah tempat munculnya pertama dan pusat dari segala kegiatan di Kementrian Sihir. Ruangan ini terdiri dari :
1. Area Lobi dan Resepsionis
2. Air Mancur Sihir Brethren
3. Keamanan
4. Lift
5. Kantor Perawatan Sihir

I. Lantai Sembilan - Departemen Misteri
1. Aula Ramalan
2. Ruangan Kematian
3. Ruangan Pemikiran
4. Ruangan Waktu
5. Ruangan Ruang
6. Ruangan Cinta a.k.a Ruangan yang Selalu Tertutup
Pegawainya antra lain : Broderick Bode (Unspeakable) Croaker (Unspeakable)


III. PENUTUP
Kementrian Sihir digunakan sebagai salah satu organisasi untuk mengatur kelancaran dunia sihir, dan digunakan untuk sebesar-besar kepentingan dunia Sihir. Baik dalam hal kepentingan kerahasiaan, hubungan dengan komunitas Non Penyihir, dan juga dalam ruang lingkup masyarakat Sihir Internasional. Pada akhirnya, setiap penyihir diharapkan dapat berkontribusi di Kementrian Sihir untuk kemajuan dunia sihir secara umumnya, dan Kementrian Sihie Inggris pada khususnya.